Informasi Cara Membuat Biopori Brainly dan dari Botol Bekas

Informasi Cara Membuat Biopori Brainly dan dari Botol Bekas
Informasi Cara Membuat Biopori Brainly dan dari Botol Bekas

Informasi Cara Membuat Biopori Brainly dan dari Botol Bekas
Halo para pembaca sekalian! Kembali lagi bersama kami yang siap memberi informasi terkini kepada Anda! Selamat datang di Barbor Solution! Tempat dimana Anda bisa menemukan informasi terkini seputar pengeboran favorit kalian. Untuk pembahasan sebelumnya, kami sudah membahas mengenai Harga Survey Geolistrik dan Eksplorasi Per Titik, Anda bisa klik link yang tersedia apabila Anda tertarik mengenai informasi tersebut. Click! Untuk kali ini kami akan memberikan informasi terbaru mengenai Cara Membuat Biopori dari Botol Bekas yang kami yakin sudah Anda tunggu-tunggu.


Biopori biasa juga disebut dengan lubang resapan biopori merupakan lubang yang dibuat tegak lurus ke dalam tanah. Lubang ini memiliki diameter antara 10-30 cm dan tidak memiliki muka air tanah dangkal.

Lubang tersebut kemudian diisi dengan sampah organik yang memiliki fungsi sebagai makanan makhluk hidup yang ada di tanah, seperti cacing dan akar tumbuhan.

Membuat Resapan Biopori dari Botol Bekas
Menyiapkan Botol Bekas
Siapkan satu botol bekas. Pada bagian atas atau bagian tutup, potong dengan menggunakan pisau atau benda tajam lainnya. Karena, nantinya yang akan dipakai adalah bagian bawahnya.

Setelah itu, lubang bagian bawah diberi lubang sebagai sarana masuknya air. Ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Asumsikan cukup untuk masuknya air. Kurang lebih sebesar pensil.

Bagaimana cara melubanginya? Bisa menggunakan besi atau obeng yang dipanaskan. Setelah cukup panas, besi itu sudah bisa dipakai untuk melubangi bagian bawah botol bekas. Usahakan dibuat memutar dengan jumlah banyak.

Lokasi Pembuatan Biopori
Pembuatan biopori sebaiknya dilakukan pada area terbuka yang akan terkena air hujan. Kita bisa membuatnya di halaman rumah, sekitar pepohonan, sekitar tempat parkir, dan tempat terbuka lainnya.

Cara Membuat Biopori
Berikut ini akan dijelaskan mengenai bagaimana kita membuat biopori. Mulai dari alat dan bahan yang dibutuhkan, sampai langkah-langkah pembuatannya.

Alat dan Bahan
  • Bor tanah
  • Botol bekas yang sudah dilubangi tadi
  • Sampah organik
  • Air

Langkah Pembuatan
  1. Sebelum mulai membuat biopori, terlebih dahulu tentukan lokasi yang akan dijadikan tempat pembuatan.
  2. Setelah ditentukan tempatnya, siram tanah yang akan dijadikan sebagai tempat pembuatan biopori dengan air agar tanah menjadi lebih lunak dan mudah untuk dilubangi.
  3. Lubangi tanah dengan menggunakan bor tanah, usahakan buat yang tegak lurus.
  4. Buat lubang dengan kedalaman kurang lebih 1 meter dengan diameter 10-30 cm.
  5. Setelah itu, lapisi lubang menggunakan botol bekas yang ukurannya sama dengan diameter lubang.
  6. Kemudian, isi lubang dengan sampah organik seperti daun, rumput, kulit buah-buahan, dan sampah yang berasal dari tanaman lainnya.
  7. Setelah itu tutup lubang menggunakan kawat besi, atau bisa juga memakai tutup botol bekas yang sudah dilubangi terlebih dahulu.

Semoga berhasil! Itulah Cara Membuat Biopori dari Botol Bekas. Apabila Anda tidak punya kesempatan untuk membuatnya sendiri, maka tidak perlu khawatir! Kami Barbor Solution siap untuk membantu Anda! Silakan hubungi kami untuk menggunakan jasa kami. Semoga bermanfaat.

"Untuk Portofolio Barbor Solution bisa Anda cek dengan klik PORTOFOLIO BARBOR SOLUTION"

Untuk pelayanan Barbor Solution bisa Anda hubungi kontak dibawah
Hubungi Sekarang Juga!
CS 1: 089531455544
CS 2: 089531455544
Email: barbor.solution@gmail.com

Salam hangat,